BERBAGAI PENGOBATAN ALAMI DARI DAUN SIRIH

popularherbal - BERBAGAI PENGOBATAN ALAMI DARI DAUN SIRIH
Inilah berbagai manfaat daun sirih dan khasiatnya untuk kesehatan dan pengobatan - Daun sirih sudah di kenal sejak lama sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kandunagan antiseptik dapat di jumpai hampir di setiap bagian daun. Antiseptik itu sendiri berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol yang memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat dari antiseptik pada fenol biasa.

Banyak sekali manfaat yang terkandung pada daun sirih untuk pengobatan. Bahkan hingga kini masih banyak penelitian yang mengembangkan manfaat tersembunyi dari daun sirih. Maka dari itu, memanfaatkan daun sirih untuk pengobatan dan kesehatan bisa dijadikan pilihan.


Berikut ini manfaat daun sirih dan pengolahannya:


Mengobati iritasi pada mata (mata merah) : caranya dengan merebus 6 lembar daun sirih pada 1 gelas air hingga mendidih. Kemudian biarkan rebusan air rebusan sirih tersebut hingga dingin, selanjutnya gunakan untuk mencuci mata, bisa menggunakan piring atau baskom. pengobatan ini bisa dilakukan 3 kali sehari secara teratur hingga kondisi mata membaik dan sembuh.
  1. Obat batuk : Caranya yaitu dengan merebus 15 lembar daun sirih dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Selanjutnya air rebisan tadi bisa diminum sebanyak 3 kali sehari sampai batuk reda, untuk hasil maksimal bisa di tambahkan madu.
  2. Obat mimisan (hidung mengeluarkan darah) : Siapkan 1 lembar daun sirih, usahakan yang muda, remas-remas kemudian gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan gulungan tersebut sebagai sumbat hidung agar mimisan berhendti.
  3. Mengobati keputihan : Buat para wanita daun sirih sudah tidak asing untuk mengatasi keputihan. Berikut caranya, rebus 10 lembar daun sirih dengan air sebanyak 2,5 liter air. Gunakan air tersebut untuk mencuci kemaluan saat masih hangat.
  4. Mengobati bronchitis : Siapkan 7 lembar daun sirih, gula batu satu potong, 2 gelas air. Rebus air yang sudah disiapkan tadi, kemudian masukan semua bahan, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minum 1/3 gelas ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari.
  5. Obat luka bakar : Siapkan beberapa lembar daun sirih secukupnya sesuai kebutuhan untuk kondisi luka. Selanjutnya remas-remas dan tambahkan sedikit madu. Oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami luka bakar.
  6. Mengobati bisul : Siapkan daun sirih yang sudah di cuci bersih secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Hasil dari sirih yang ditumbuk tadi di oleskan pada bisul area di sekitar bisul. Balut dengan perban, lakukan pergantian balutan dan ramuan sebanyak 2 kali sehari.
  7. Obat jerawat : Tumbuk hingga halus 10 lembar daun sirih, kemudian seduh dengan 2 gelas air panas. Biarkan hingga dingin, selanjutnya gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan pengobatan 2 sampai 3 kali sehari.
  8. Mengobati diare : Siapkan 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Lumatkan semuabahan dengan menumbuknya hingga halus, gunakan ramuan tersebut sebagai oles pada bagian perut.
  9. Mengobati sariawan : Siapkan daun sirih sebanyak 2 lembar kemudian cuci bersih. Kunyahlah sampai lumat dengan mulut sampai menjadi ampas, setelah itu buang ampasnya.
  10. Menghilangkan bau badan : caranya yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih menggunakan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisah 1 gelas saja, menum secara teratur setiap hari.
  11. Menghilangkan bau mulut : Gunakan 4 lembar daun sirih yang sudah diseduh air panas. Diamkan hingga 1 jam. Jadikan air tersebut sebagai obat kumur. Itulah beberapa khasiat daun sirih sebagai bahan obat tradisional yang bisa anda jadikan pilihan saat membutuhkan pengobatan yang aman dan alami.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © POPULAR HERBAL | Powered by Blogger | Template by