Tanaman Sambiloto Dengan Manfaatnya Sebagai Herbal

Tanaman Sambiloto Dengan Manfaatnya Sebagai Herbal
Sambiloto atau Andrographis panculta termasuk tanaman herba musiman yang setahu saya bersasal dari India. Daunnya tunggal bertangkai pendek, dan berbentuk lanset. Seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan sebagai obat, tetapi bagian yang paling banyak digunakan adalah daun dan batangnya. Bunga sambiloto berwarna putih dan ungu. Bunganya keluar dari bagian ketiak daun dan ujung tangkai.

Seluruh bagian tanaman ini khususnya daun mengandung zat andrographolid. Zat inilah yang menyebabkan atau menimbulkan rasa pahit pada daun sambiloto. Fungsi dari zat andrographolid adalah merusak inti sel tumor dan meningkatkan daya tahan tubuh, daun ini sangat bagus……

Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai anti kanker dan mengobati diabetes mellitus, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan tumor paru. Sambiloto mempunyai sifat mematikan dan membunuh sel kanker, merusak inti sel tumor, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagi pengobatan luar atau eksternal dapat dilakukan dengan cara melumat bagian tanaman kemudian ditempelkan ke bagian yang sakit atau luka. Penyakit tersebut antara lain memar, digigit serngga, kudis, eksim, dll.

Memperbanyak tanaman sambiloto dapat dilakukan dengan cara setek dan secara generative dengan biji.
Perbanyakan paling mudah, cepat, dan jumlahnya cukup banyak dengan cara menanam bijinya




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © POPULAR HERBAL | Powered by Blogger | Template by