Efek Kombinasi Bromelain & Beta Karoten

Efek Kombinasi Bromelain & Beta Karoten

Bromelain merupakan ekstrak tumbuhan yang ditemukan dalam nanas dan mengandung enzim proteolitik (enzim yang mencerna protein).

Selama berabad-abad, nanas digunakan untuk mengurangi inflamasi (peradangan).

Beta karoten merupakan formasi molekul organik yang membentuk pigmen warna merah, oranye, dan kuning. Beta karoten terdapat dalam banyak buah-buahan dan sayuran.

Beta karoten juga merupakan antioksidan dan menyediakan vitamin A untuk tubuh.

Beta karoten bersama bromelain bisa digunakan untuk mengobati dan meringankan gejala bronkhitis kronis dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Suplemen Bromelain

Meskipun bromelain terdapat pada nanas, namun kadarnya secara alami tidak cukup untukmemberikan efek obat.

BPPOM Amerika telah menyetujui suplemen bromelain dan berhasil digunakan untuk mengobati bronkhitis kronis.

Mengambil suplemen bromelain bertujuan untuk meredakan gejala bronkhitis kronis dengan mengurangi peradangan sinus.

Suplemen bromelain juga membantu tubuh menghancurkan lendir dan mengurangi batuk.

Beta Karoten

Beta karoten dianggap sebagai provitamin aktif karena berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu memperbaiki jaringan serta membranmukosa.

Vitamin A juga berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel dari penyakit dan mendorong pertumbuhan sel baru.

Hasil studi menunjukkan bahwa beta karoten menetralkan radikal bebas dalam tubuh sehingga membantu dalam pencegahan kanker.

Menggunakan Bromelain Beta Karoten Bersamaan

Bromelain dapat ditemukan dalam bentuk tablet dan kapsul. Dosis yang dianjurkan untuk bromelainadalah 500 mg, empat kali sehari dan diminum saat perut kosong.

Beta karoten paling efektif dikonsumsi dalam bentuk alami. Direkomendasikan untuk mengonsumsi lima hingga delapan porsi per hari makanan kaya beta karoten.

Penelitian tentang Efek Kombinasi Bromelain Beta Karoten

Meskipun telah ada penelitian mengenai efek bromelain dan beta karoten secara individual, namun belum ada penelitian mengenai efek kombinasi keduanya yang sudah dipublikasikan.

Dibutuhkan lebih banyak penelitian tentang bagaimana bromelain dan beta karoten bekerja sama untuk membantu dalam pengobatan bronkhitis dan PPOK




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © POPULAR HERBAL | Powered by Blogger | Template by